RSS

Gaji Pertama Nguli Jengkol



Sejak kelas 3 sekolah dasar, saya tinggal dengan nenek di kampung. Sedangkan kedua orang tua saya tinggal di daerah kecamatan yang sudah mulai padat dan ramai. Di kampung tempat saya tinggal mayoritas pekerjaan penduduknya adalah bertani. Termasuk saya dan Nenek. Jangan bayangin kampung yang modern ya, soalnya Kampung saya masih kampung banget. Jalan aja masih tanah, listrik belum ada. Masih pake lampu teplok yang asapnya sering bikin hidung jadi hitam. Terus yang punya TV masih jarang banget. Tvnya aja masih hitam putih. Gambarnya gak jelas dan banyak semutnya.  

Tinggal berdua bersama nenek membuat saya meniru segala hal yang dilakukan oleh Nenek. Mulai dari menanam kencur, memetik cengkeh, melinjo, sampai dengan memungut pinang-pinang yang telah jatuh dan mengolahnya. Pinang dibelah dua, kemudian dijemur. Lalu setelah agak kering, antara kulit dan isi pinang dipisahkah. kemudian dijemur kembali. Setelah itu barulah pinang bisa dijual.

Selain itu  di kampung ada beberapa toke jengkol. Saya sering nguli disana untuk mengupas kulit jengkol bersama Nenek. Namanya juga cucu, kemana Nenek pergi ya ikut. :P

Saat itu perkilo jengkol yang telah bersih, mendapatkan upah senilai seratus rupiah. Saya, kalo udah nguli ngupasin kulit jengkol, bisa betah sampai berhari-hari. Pokoknya sampai musim jengkol berakhir hingga tidak ada kulit yang tersisa. :D

Biasanya sehabis pulang dari sekolah saya langsung menuju ke TKP pengupasan kulit jengkol. Selain saya dan Nenek, penduduk di sekitar lingkungan saya juga melakukan hal yang sama. Jadi ceritanya saat itu kami bergotong royong nguli ngupasin kulit jengkol se-RT. :D

Inilah pengalaman gaji pertama saya. Saya mendapatkkan uang senilai 5.500 rupiah dari hasil nguli ngupas kulit jengkol selama seminggu. :D

Namanya juga masih anak-anak, tentu saya sangat senang sekali mendapatkan uang dari hasil jerih payah sendiri, meskipun pakaian saya menjadi kotor dan penuh getah. Seperti kata iklan sabun “Berani kotor itu baik”. :P Selain itu tangan saya kerap terluka karena kurang hati-hati pada saat memegang pisau. Namun hal tersebut tidak membuat saya kapok. Saya justru sangat senang dan riang sekali.

Setelah mendapat gaji pertama, saya langsung pulang kerumah. Tapi sebelum nyampe rumah saya mampir dulu kewarung. Saya ngeborong jajanan. Menerapkan aji mumpung, mumpung lagi punya uang. :P

Saya ngeborong permen yang harganya saat itu masih 250 rupiah, terus jajan borobudur, kerupuk, snack berhadiah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jajanannya saya makan berdua bareng nenek. Ceritanya, saat itu saya sayang nenek, jadi saya traktir nenek saya jajanan. :D
 
Nenek saya :)
Sekarang nenek saya udah tua dan pikun. Jalan aja udah gak begitu kuat lagi. Nenek juga sering sakit-sakitan. Wajar sih, lah wong udah tua. Kalo dulu mah, nenek masih muda dan kuat. Ah, saya jadi kangen sama nenek. Kira-kira nenek saya masih ingat kejadian ini gak ya? 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 comments:

Esti Sulistyawan said...

Hahaha pasti seneng banget yak dapat uang segitu saat itu
Puas deh jajannya
Salam kenal ya Mbak :)

Unknown said...

iyaa mbak :D

Salam kenal kembali :)

Efi said...

Saya masih ingat, waktu SD dulu bekalnya 100 perak. Bisa beli ini itu, malah permen harganya masih murah banget. Masih ada pecahan perak (sekitar kelas1-2 SD). hahaha,

Unknown said...

:D iya mbak, dulu jajan harganya masih murah-murah banget :D

Zaitun Hakimiah NS said...

hahaha... klo pas kecil dapet 'gajian' buat jajan itu seneng banget..
aku dulu pas kecil sering nyari temu buat d jual, dapet uang sekian perak aja senengnya minta ampuun.. hehe

Makasih udah ikutan GA ini ^^

Unknown said...

hehe iya mbak, dapet jajan itu rasanya udah bahagia banget :D

kangjum said...

jadi keinget masa-masa SD :-)

Post a Comment