RSS

Hidup Sehat Ala Anak Kost




Kamu, dia, mereka dan termasuk saya, yang menyandang gelar anak kost-an merupakan anak-anak perantauan yang jauh dari orang tua, mandiri atau mengurus segalanya sendiri. Menjadi anak kost itu ada manis dan pahitnya. Pahitnya itu kalo tanggal tua, atm kosong, trus punya ibu kost galak. Manisnya ya bisa bebas dan gak disuruh-suruh sama orang tua. “Yang anak kost setuju kan sama saya? :D.“

Tinggal jauh dari orang tua itu artinya anak kost harus menjaga kesehatan diri. Kesehatan diri adalah hal yang sangat penting. Namun terkadang anak kost jarang memperhatikan kesehatan mereka terutama gaya hidup yang kurang sehat.

Berikut beberapa tips hidup sehat ala anak kost :

1.      Lingkungan

Untuk hidup sehat, pilihlah lingkungan kost yang sehat.  Kost yang sehat itu tidak pengap dan gelap, nyaman, aman, tersedia air bersih yang cukup,  sirkulasi udara lancar, juga terkena sinar matahari dan pemilik kost menyediakan tempat sampah khusus.

2.      Makanan

Keterbatasan uang jajan bukan suatu batasan untuk anak kost mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.  Sehat tidak harus mahal kok. Sederhana saja, contohnya masakan bening dengan aneka macam sayuran atau tumis-tumisan, + sambal telur. Jika bisa masak cobalah masak sendiri. Selain bisa mengkonsumsi sesuai selera, anak kost juga bisa menghemat keuangan. makanlah secara teratur. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan penyakit berdatangan.

Kurangi mengkonsumsi makanan instan. Seperti mie. Dalam seminggu maksimal hanya dua bungkus, karena proses pencernaan mi membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat memasak mie, jangan lupa untuk membuang air atau kuah yang pertama.

Hindari jajan diluar yang kurang sehat dan jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk membeli buah-buahan, karena menurut pengalaman saya anak kost jarang mengkonsumsi buah. :D
Bagi anak kost cowok, hindarilah kebiasaan merokok. Selain berbahaya untuk kesehatan, merokok juga dapat menguras jatah uang jajanmu.

3.      Cemilan yang sehat

Anak kost biasanya mengkonsumsi cemilan sebagai teman dalam mengerjakan tugas. Jangan mengandalkan rasa yang enak dan murah, tapi memperhatikan kandungan gizi didalamnya. Kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, seperti gorengan dan minuman bersoda. Gantilah dengan cemilan yang sehat. Seperti, biskuit dari susu, popcorn, dan lain-lain. Untuk minuman seperti susu, teh hangat ataupun jus buah.

4.      Kebersihan

Bersih pangkal sehat. Jagalah kebersihan diri dan kost-an. Rajinlah membereskan dan membersihkan kost serta mandi dan menggosok gigi minimal 2x sehari. Hindari pakaian kotor yang menumpuk dan bergelantungan, karena akan menimbulkan sarang nyamuk, lantai yang kotor dan langit-langit kost yang penuh sarang laba-laba. Cucilah baju segera, dan sediakan kotak sampah dikamar, serta semprotkan parfum. Kost yang bersih dan wangi akan membuatmu nyaman dan tentram dalam belajar.

5.      Istirahat

Tidurlah yang cukup. Minimal 6-8jam perhari. Meskipun banyak tugas, jangan lupa untuk tetap beristirahat. Misalnya tidak terlalu sering begadang mengerjakan tugas. Jika terpaksa, cobalah untuk membayarnya (tidur siang) agar tubuh tetap sehat. Karena jika sakit, maka kamu tidak bisa mengerjakan tugas seperti biasa. Manajemenlah waktu dengan baik. Baca disini.

6.      Olahraga

Pergi ke kampus dengan berjalan kaki atau bersepeda bisa membuat tubuh menjadi sehat. Selain itu bisa menghemat ongkos juga dapat mengurangi polusi udara. Jika terlalu sibuk dengan aktivitas, sempatkanlah berolahraga di akhir pekan.

Demikian Hidup sehat ala anak kost. Tidak sulit untuk diterapkan bukan? Terapkan dan rasakan manfaatnya. Hidup anak kost!!! :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 comments:

Fikri EL Frana said...

saya gak ngekos sih, tapi tinggal di tempat kerja.. tapi mirip seperti itu lah kehidupannya, cuma bedanya saya gak bayar uang sewa.. haha

ditunggu yah mba kunjungan baliknya :D

Unknown said...

yah, tetep gak ada sensasi ibu kost galak :P

oke, oke. saya meluncur ke TKP :D

Intan Novriza Kamala Sari said...

Anak kost ya? ngekost di mana?
pasti teteangga kostnya baik plus cantik banget. wekeke :p

Unknown said...

siapa ya? kayaknya kenal :P

Unknown said...

suruh anak kost nya OCD semua :D

Unknown said...

OCD apaan lan? :P

#kagak mudeng nih

jiebagz said...

Keren nie artikelnya,, cocok ane jg anak kost,, :D

Unknown said...

hehe, makasih mas aji :)

Post a Comment