RSS

Sehari Tanpa Gadget, Why Not?



Saya mulai merasa ketergantungan sama yang namanya Gadget semenjak kelas tiga SMP. Tanpa disadari, gadget sudah menjadi salah satu bagian terpenting dan menjadi sebuah kebutuhan. Contohnya, setiap kali ada waktu luang biasanya dihabiskan untuk main Handphone atau Leptop. Mulai dari smsan, teleponan, facebookan, twitteran, ngeblog, ngekuis atau ngerjain tugas. Ngerjain tugasnya kadang-kadang sih, banyakan mainnya. :P Bahkan di pagi hari ketika saya baru bangun dari tidur, reflek yang pertama kali dilakukan adalah megang handphone. Kesimpulannya, tiada hari terlewati tanpa gadget.  
pict, saya dan handphone
Kalau dicanangkan hari tanpa gadget, saya setuju. Kayaknya sih bakalan seru. Misalnya dalam sebulan ada satu hari tanpa gadget. Hal pertama kali yang akan saya lakukan adalah menjauhkan gadget sejauh-jauhnya. Tentunya di tempat yang tidak terjangkau oleh saya. Misalnya, disimpen di dalam Magicom. Enggak-enggak, nanti kalau saya makan, pada waktu buka magic ketahuan. Mungkin sebaiknya untuk sementara gadgetnya dititipin sama tetangga kost. :D

Berikut ini jadwal sehari tanpa gadget ala saya :D

Pagi hari, mulai pukul 05.00-06.30
Selama 15 menit saya akan menggunakannya untuk solat subuh dan membaca alqur’an. Setelah itu saya joging hingga pukul 06.30, sekalian membeli koran. Saya mulai terbiasa melakukan aktivitas ini bersama sahabat saya semenjak dua minggu yang lalu. Hal ini sangat saya rekomendasikan bagus untuk ditiru :D.  Selain tubuh sehat, saya juga tidak ketinggalan informasi di lingkungan sekitar, dan  menumbuhkan minat membaca saya yang menurun semenjak kuliah. Sebagai penambah semangat untuk joging saya bisa mendapatkan kupon berhadiah yang bertebaran di koran. Mulai dari kuis tebak wajah berhadiah, undian umrah gratis, undian tour gratis ke Malaysia, dan masih banyak lagi kupon undian lainnya. Semakin rajin joging dan semakin banyak beli koran maka akan semakin besar peluang untuk menang undian atau beruntung. Kalau di daerah saya nama korannya Harian Rakyat Bengkulu (RB) dan Bengkulu Express. Saya gantian belinya sama sahabat saya. Kalau hari ini saya membeli RB, maka sahabat saya membeli Bengkulu express. Besoknya gantian saya yang membeli Bengkulu Express dan sahabat saya membeli RB. Jadi kami bisa saling bertukar informasi. Untuk membeli koran saya harus rela merogoh kocek sebesar Rp 4.000,00 setiap harinya. Harap dimaklumi, saya anak kost yang tidak punya TV, maksudnya belum punya, siapa tau nanti menang undian yang berhadiah TV :P.

Pukul 06.30-08.00,  
Dalam selang waktu ini yang akan saya lakukan adalah memasak sarapan, beres-beres kost, kemudian mandi dan bersiap menuju kampus tercinta.

Pukul 08.00-18.00 WIB,
Aktivitas yang saya lakukan kuliah, solat, mandi, ngeles privat, ngumpul bareng temen-temen dan disela-sela waktu kosong akan saya isi dengan membaca buku di perpustakaan, menulis dan menghapal alqur’an.

Pukul 18.00-21.00 WIB,
Solat, belajar, kemudian saya akan menyempatkan diri sekitar 15 menit untuk mengintropeksi diri saya. Hal baik dan buruk apa yang telah saya lakukan pada hari itu. Sehingga saya memiliki referensi untuk menjalani hari esok agar lebih baik lagi dari hari ini.

21.00-03.00 WIB,
Tubuh butuh istirahat agar tetap fresh. Jadi, pada pukul 21.00 WIB, saya tidur.

03.00-03.30WIB,
Saya melaksanakan solat tahajud+baca alqur’an. Dalam satu tahun saya menargetkan khatam alqur’an minimal satu kali. Deadlinenya pada saat saya ulang tahun.

03.30-05.00 WIB,
Dalam selang waktu ini aktivitas yang akan saya lakukan adalah menulis pada buku khusus yang telah saya persiapkan sebelumnya. Saya membuat proyek untuk diri saya sendiri. Menulis minimal 300 kata perhari. Menulis tentang apa saja. Pokoknya yang penting tumbuhkan minat nulis dulu. Bagus atau enggaknya urusan belakangan. :D
 

pict, saya dan leptop

Jadwal ala saya diatas sehari tanpa gadget pada saat bukan libur. Nah, kalo sehari tanpa gadgetnya pas dihari libur bagaimana? Kayaknya saya bakal kelimpungan. :D

Tapi kalau aktivitas udah seabrek dan waktu termanajemen dengan baik, kayaknya saya bisa lupa sama yang namanya gadget. :P


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

14 comments:

Artha Amalia said...

waaah ... aktivitasnya padat nan tertata. saya mah walau udah nge-list gini tapi banyak gak pas-nya >.<

hihi, hobinya sama kayak saya. tapi saya beli koran tiap Minggu. soalnya baru ada kuis TTS di hari Minggu :p

good luck, moga menang!

hazmi srondol said...

saya soldur aja... abis sholat, tiduuur... hehehhehe

Unknown said...

Keyeenn keyeenn.. Bisa nata jadwal serapi ini, klo ada gadget, baru juga mau jogging, eh ada sms, balesin dlu, eh ada yang nelpon, jawab dulu. Wah inet kok minta dibuka ya, ketak ketik di sosmec dlu, hhahahha gak kelar2 ya jadinya,, :) mudahan jadwalmya bisa kelaksana dg baik yaa :) trimss dah ikutan, tunggu mas n mbak juri nyatat yaa :)

Unknown said...

hehee,, iya kak tha :)

makasih :D

Unknown said...

hehe, saya juga kadang-kadang gitu mas, kalo malesnya lagi kumat :P

Unknown said...

iya iya :D

tanpa disadari banyak banget waktu yang tersita oleh yang namanya gadget, padahal udah tau lagi sibuk banget, tapi sempet-sempetnya update status di facebook :D

Unknown said...

just like me :p

Arman Zega said...

wah. gua bisa ya gak megang gadget sehari?
masalahnya pacar bisa ngamuk ngamuk kalau gak di bls sms.
hahha

sukses untuk GA nya ya

Unknown said...

ciee, pacarannya sama gadget :P

iya, makasih :D

Rani Novariany said...

kayanya ada yg typo yah ka?
04.00-03.30
03.30-05.00 atau ada waktu yg jalannya mundur ya? ehehe --v

Unknown said...

hehehe, salah itu rani :D
harusnya 03.00-03.30 :)

putri said...

wahahahaa lucuuuu kumpulin kupon undian yaaaa. dulu pernah sempet ngumpulin gitu. tapi gak menang2 sih...

Unknown said...

hehee, iyaa kaak putri :)

Niken Kusumowardhani said...

Halo Novita... Juri berkunjung ^_^

Post a Comment