RSS

Ngebolang Dan Ngeborong



Di daerah tempat saya tinggal (Bengkulu),  setiap kali tahun baru islam biasanya diadakan perayaan yang bernama Festival Tabot. Tahun baru islam yang jatuh tepatnya pada tanggal 1 muharram dalam kalender Arab.

Sedikit bercerita tentang tabot. :D

          Sejak tahun 1990 Pesta budaya Tabot ditingkatkan menjadi festival Wisata di propinsi Bengkulu. Konon ceritanya , Festival Tabot ini digelar oleh masyarakat kota Bengkulu dalam rangka memperingati gugurnya Amir Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW, di padang Karbala (Irak). Perayaan Festival Tabot berisikan upacara-upacara ritual. Selain itu diperkaya dengan berbagai antraksi tambahan dan berbagai pagelaran seni-budaya serta lomba-lomba kreasi seni tradisional Bengkulu. Seperti : lomba ikan-ikan, lomba telong-telong, lomba dol, lomba tari, lomba barong landong (mirip ondel-ondel betawi) dan lain-lain. Festival tabot dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 1 muharram sampai 10 muharram yang tentu saja mampu memberi hiburan kepada masyarakat dan wisatawan.
 
Festival Tabot ketika malam
          Tentu saja saya sebagai salah satu masyarakat Bengkulu yang peduli budaya :P , tidak melewatkan event Festival Tabot yang cuma diadakan satu tahun sekali ini. Saya ikut berpartisipasi meramaikan suasana perayaan, dengan ngebolang alias keliling-keliling di tengah festival tabot dan ngeborong. Karena banyak para penjual yang menjajakan dagangan dengan harga miring. :P


          Selama sepuluh hari perayaan Tabot, saya udah bolak-balik kesana sebanyak 3 kali. Di Festival Tabot yang jualan banyak banget. Mulai dari makanan, baju, sepatu, sandal, kaos kaki, seprei, tas, cincin, kalung, batu giok, dan aneka ikan hias+airnya. Terus ada yang jualan tas, balon, arum manis, pecah belah (maksudnya piring, gelas, mangkok, bukan beling yang udah pecah yee :P ) dan lain-lain. Pokoknya banyak deh. Mau nyari apa aja ada, yang terpenting adalah bawa uang banyak-banyak. :D

Ngebolang hari pertama di Festival Tabot. Pada saat hari pertama perayaan tabot dilaksanakan saya udah stand by disana. Saat itu saya pergi bareng anak-anak kost-an. Alhasil, setelah berkeliling dan lelah, Saya pulang membawa dua celana training seharga dua puluh ribu dan toples yang udah dibungkus kayak parcel seharga dua puluh ribu juga. Ditambah dengan makanan dari ubi yang bentuknya petak-petak kecil. :D

Ngebolang kedua. Sebelumnya saya udah janjian sama sahabat saya, si Intan untuk keliling-keliling dan ngeborong sepulang dari kuliah. Sore itu hari sangat cerah, padahal biasanya tiap sore selalu hujan. Kayaknya sih hari itu ngedukung saya dan sahabat saya untuk ngebolang dan ngeborong. :D

          Berbekal uang 200.000 ratus ribu rupiah, kami pun meluncur menuju ke TKP. Sesampainya disana kami mampir ke tempat jualan sandal. Kami pun mencoba semua jenis sandal hingga menemukan yang cocok. Setelah lama memilih-milih, akhirnya kami memutuskan untuk membeli. Didetik-detik terakhir, saya berubah fikiran.  Sandal yang saya beli, saya tukarkan. Semula sandal warna coklat muda menjadi warna coklat tua. Selain itu saya juga membeli sandal untuk ayah dan mamah, sedangkan untuk adik, saya membelikan baju yang di belakangnya tertulis nama adik saya dan gambar Festival Tabot. Saya juga beli kaos kaki, keripik sanjai makanan khas Padang juga keripik asin. Setelah lelah ngeborong, kami pun memutuskan untuk pulang. Lagian saat itu tangan kanan dan kiri udah penuh sama jinjingan belanjaan yang berbungkus asoy hitam. :D

          Setibanya diparkiran, saya pun merogoh kantong saya untuk membayar parkir. Ternyata tidak ada uang yang tersisa dikantong. Saya pun bolak balik dompet. Ternyata gak ada uangnya juga. Saya baru sadar, ternyata uang saya habis. Cuma ada uang recehan seribu lima ratus. Padahal bayar parkirnya dua ribu. Akhirnya dengan sedikit cengengesan saya membujuk mamang parkir, meminta bayarannya didiskon.

“Mang, gak papa ya parkirnya seribu lima ratus?” :D

Mamang parkir pun menggangguk. Ah, untunglah mamang parkirnya baik hati. saya pun bernapas lega. :D

Setibanya dirumah. Saat membongkar belanjaan, saya pun mencoba sandal. Bukannya senang saya malah galau. Sandalnya kekecilan. Gara-gara saya juga sih, gak merhatiin nomor sandalnya dan kelamaan milih. Saya paksa-paksain pake. Tapi  hasilnya tetap gak bagus. Ketika dipakai, kaki saya berlebih, jarinya ada yang keluar. Jadi lebih mirip pakai sandal adik. Rasanya saat itu saya mau guling-guling. Saya pengen balik lagi ke tempat orang yang jualan, trus protes kenapa sandalnya kekecilan. :(

“Itulah kelamaan dan kebanyakan milih-milih.” Sahabat saya ngomel.

Saya pun cemberut.  Akhirnya, semalaman saya galau gara-gara sandal. Padahal besoknya saya ada ujian mata kuliah perencanaan pembelajaran.

Ngebolang ketiga. Sehari setelah kejadian saya beli sandal kekecilan, saya pun memutuskan untuk ngebolang lagi dengan tujuan utama menukarkan sandal. :D

Selepas ujian, Saya mengajak sahabat saya, Meimei untuk pergi ke TKP. Jika tujuan saya untuk menukarkan sandal, maka tujuan Memei adalah membeli cincin batu giok yang belum jadi ia beli sebelumnya. Sesampainya disana kami pun langsung menuju ke tujuan utama. Saat itu kami lebih leluasa dan bergerak cepat karena Perayaan Tabot yang biasanya rame dan sesak, kebetulan lagi sepi pengunjung. Parkiran motor yang biasanya penuh, saat itu cuma ada motor saya yang terparkir satu-satunya, bersebelahan dengan motor mamang parkir itu sendiri. Lah iya, wong kami kesananya tengah hari. Mana ada orang yang mau belanja siang-siang bolong dalam kondisi yang panas, kalo bukan kami. :D

Setelah mencapai tujuan utama, saya dan memei keliling-keliling melihat guci. Guci nya cantik-cantik. Rasanya pengen saya borong semua. Terus saya kasihin sama mamah saya. Tapi apa daya uang tak punya.

Ditengah-tengah petualangan, tiba-tiba mata saya tertarik melihat mahluk berwarna hijau yang terbungkus plastik bening. Saya pun mengajak memei untuk mendekat. Wah, ternyata celengan berbentuk kodok. Saya tertarik untuk membeli. Setelah bernegoisasi dan membujuk mamang yang jualan, saya pun berhasil membawa pulang si kodok hijau dengan harga yang semula 60.000 rupiah menjadi 30.000 rupiah. Saya senang sekali. Sepanjang perjalanan saya berceloteh tentang betapa senangnya saya membeli si kodok. Palingan si memei yang pusing dengerin celoteh saya. :D

Kini, setiap kali ada yang main ke kost-an saya akan disambut oleh si kodok hijau yang saya beri nama joe. Si Joe mau saya penuhin ah, buat bekal naik hajikan ayah sama mamah. Hehe. :P
 
saya dan joe :D
Hasil dari ngebolang ketiga adalah menukar sandal, sarung buat nenek, kaca mata seharga 15.000 rupiah dan si kodok hijau.

Kacamatanya mau saya pake disepanjang bandara kalo nanti dapet liburan gratis ke Malasyia. Aamiin. Semoga dicatat malaikat dan beneran dapet. kan orang-orang gak ada yang tau kalo kacamatanya seharga 15 ribu. :P
 
joe pake kacamata :D
Petualangan ngebolang di Festival tabot pun berakhir. Karena perayaan Tabotnya emang udah tutup. Semoga masih berjumpa dengan Festival tabot tahun depan. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 comments:

Intan Novriza Kamala Sari said...

Kenapa nama kodoknya jadi Joeeeee heii teteh? Kesannya dia bukan kodok baik-baik *ayo ganti nama yang lebih alim #eh

Unknown said...

hahaa, biarin :P

biar kesannya rada ke bule-bulean wkwkwkk :D

Anonymous said...

Aduh neng, perlu banyak joe dong kalau buat tabungan naik haji.

Unknown said...

iya :D
ntar tahun depan pas Tabot, beli lagi celenganya :D

Post a Comment