Jumat,
11 oktober 2013 hanya akan ada hari ini. Sehari ini saja. Esok waktu akan
berganti. Begitulah seterusnya.
Waktu.
Kita tidak akan pernah bisa menghentikannya atau melambatkannya. Bahkan
sedetikpun kita tidak mampu. Namun kita bisa menggunakan waktu yang kita punya
dengan sebaik-baiknya. Aktivitas yang seabrek sering kali membuat kita
kewalahan dalam mengatur waktu. Nah, Saya memiliki beberapa tips dalam mengatur
waktu atau memanajemen waktu dengan baik.
Cekidoottt :D
1.
Buatlah jadwal
Jadwal
atau rencana kegiatan sangat penting untuk membantu dalam memanajemen waktu.
Hal ini sebagian besar dari kita menganggap remeh (mungkin termasuk saya :D ).
Padahal daftar kegiatan atau jadwal dapat membantu kita. Misalnya menghindari
suatu kegiatan dan janji yang mungkin akan luput, menghindari bentrokan
kegiatan, melakukan aktivitas sesuai kapasitas yang kita miliki, dan masih
banyak lagi manfaat lainnya. Hal ini bisa dimulai dari menjadwalkan waktu tidur
dan bangun.
2.
Tentukan prioritas
Sebelum
melakukan aktivitas, tanyalah pada diri sendiri. “Apakah hal ini penting atau wajib? Apakah ini bisa dilakukan nanti?”
Bagilah waktu menjadi beberapa bagian yang spesifik. Pilah-pilah aktivitas atau
kegiatan yang menjadi prioritas utama. Kemudian kurangi aktivitas yang tidak
masuk kedalam prioritas. Lalu siapkan prioritas berdasarkan jawaban diatas.
3.
Jangan menunda-nunda
Jangan
membiasakan diri melakukan sesuatu pada menit-menit terakhir atau saat mepet
dengan deadline, karena biasanya hasilnya tidak akan maksimal. Jangan biarkan
pekerjaan menjadi menumpuk. Misalnya saat mandi, cucilah langsung baju yang
telah terpakai dan kotor. Jangan menunggu menjadi gunung atau baju di lemari
habis. Menunggu hari libur untuk mencuci juga bukan rencana yang baik. Bisa
jadi saat libur cuaca mendung dan turun hujan. Contoh lainnya, ketika ada tugas
yang dikumpul minggu depan, kerjakanlah mulai dari sekarang. Sehingga jika ada
aktivitas atau kegiatan yang mendadak yang tidak kalah penting dengan tugas,
kamu bisa melakukan keduanya tanpa mengganggu ujian.
4.
Kendalikan jumlah kegiatan yang
diikuti
Mengikuti
banyak kegiatan akan membuatmu kesulitan dalam memanajemen waktu. Karena akan
ada diantara kegiatan tersebut yang menyita waktu dan tenagamu juga kegiatan
lain yang lebih penting. Lepaskanlah kegiatan yang tidak terlalu penting sesuai
dengan prioritas. Aktivitas yang sedikit akan menjaga kualitas komitmen.
5.
Pahami diri
Pahami
kekurangan dan kemampuan diri. Dengan begitu kamu akan mampu menggunakan waktu
dengan baik. Beberapa aktivitas menyita waktu cukup banyak, sedangkan kamu
hanya memiliki waktu 24 jam, maka putuskanlah dengan bijak waktu yang akan
digunakan.
6.
Nikmati hidup
Sesibuk
apapun aktivitas atau kegiatan yang kamu miliki, sempatkanlah waktu untuk
membahagiakan dirimu sendiri dan orang-orang yang kamu sayang. Misalnya
bersantai dan berlibur, sekedar untuk menikmati lembayung senja atau rintik
hujan yang turun di jendela. Nikmatilah hidup. Selama waktu masih ada tak perlu
ragu untuk memanfaatkannya dengan baik. Menikmati setiap suasana yang kita
punya. Karena esok atau lusa mungkin kita tak memiliki kesempatan itu lagi.
|
picture time |
Demikianlah
tips-tips ala saya dalam mengatur waktu, semoga bermanfaat. Nikmati waktu yang
masih ada dan hargailah waktu yang tersisa. Seimbangkan Prioritas, Atur Waktu
dan Nikmati Harimu. Ganbatte :D
6 comments:
nice artikel ka, bisaaa di coba niih ^^
Terima kasih sudah berbagi ya :). Saya akan mencobanya ^^
Karena waktu sangat berharga, saya selalu menikmatinya.
makasih ranii :D
silahkan dicobaa, semoga manjur yah ;)
samaa-sama kaka :D
selamat mencobaa, :)
siip, sippp, selamat menikmati waktu :)
Post a Comment