RSS

Seimbangkan Prioritas, Atur Waktu dan Nikmati Harimu

Jumat, 11 oktober 2013 hanya akan ada hari ini. Sehari ini saja. Esok waktu akan berganti. Begitulah seterusnya.  


Waktu. Kita tidak akan pernah bisa menghentikannya atau melambatkannya. Bahkan sedetikpun kita tidak mampu. Namun kita bisa menggunakan waktu yang kita punya dengan sebaik-baiknya. Aktivitas yang seabrek sering kali membuat kita kewalahan dalam mengatur waktu. Nah, Saya memiliki beberapa tips dalam mengatur waktu atau  memanajemen waktu dengan baik. Cekidoottt :D


1.      Buatlah jadwal

Jadwal atau rencana kegiatan sangat penting untuk membantu dalam memanajemen waktu. Hal ini sebagian besar dari kita menganggap remeh (mungkin termasuk saya :D ). Padahal daftar kegiatan atau jadwal dapat membantu kita. Misalnya menghindari suatu kegiatan dan janji yang mungkin akan luput, menghindari bentrokan kegiatan, melakukan aktivitas sesuai kapasitas yang kita miliki, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Hal ini bisa dimulai dari menjadwalkan waktu tidur dan bangun.

2.      Tentukan prioritas

Sebelum melakukan aktivitas, tanyalah pada diri sendiri. “Apakah hal ini penting atau wajib? Apakah ini bisa dilakukan nanti?” Bagilah waktu menjadi beberapa bagian yang spesifik. Pilah-pilah aktivitas atau kegiatan yang menjadi prioritas utama. Kemudian kurangi aktivitas yang tidak masuk kedalam prioritas. Lalu siapkan prioritas berdasarkan jawaban diatas.

3.      Jangan menunda-nunda

Jangan membiasakan diri melakukan sesuatu pada menit-menit terakhir atau saat mepet dengan deadline, karena biasanya hasilnya tidak akan maksimal. Jangan biarkan pekerjaan menjadi menumpuk. Misalnya saat mandi, cucilah langsung baju yang telah terpakai dan kotor. Jangan menunggu menjadi gunung atau baju di lemari habis. Menunggu hari libur untuk mencuci juga bukan rencana yang baik. Bisa jadi saat libur cuaca mendung dan turun hujan. Contoh lainnya, ketika ada tugas yang dikumpul minggu depan, kerjakanlah mulai dari sekarang. Sehingga jika ada aktivitas atau kegiatan yang mendadak yang tidak kalah penting dengan tugas, kamu bisa melakukan keduanya tanpa mengganggu ujian.

4.      Kendalikan jumlah kegiatan yang diikuti

Mengikuti banyak kegiatan akan membuatmu kesulitan dalam memanajemen waktu. Karena akan ada diantara kegiatan tersebut yang menyita waktu dan tenagamu juga kegiatan lain yang lebih penting. Lepaskanlah kegiatan yang tidak terlalu penting sesuai dengan prioritas. Aktivitas yang sedikit akan menjaga kualitas komitmen.

5.      Pahami diri

Pahami kekurangan dan kemampuan diri. Dengan begitu kamu akan mampu menggunakan waktu dengan baik. Beberapa aktivitas menyita waktu cukup banyak, sedangkan kamu hanya memiliki waktu 24 jam, maka putuskanlah dengan bijak waktu yang akan digunakan.

6.      Nikmati hidup


Sesibuk apapun aktivitas atau kegiatan yang kamu miliki, sempatkanlah waktu untuk membahagiakan dirimu sendiri dan orang-orang yang kamu sayang. Misalnya bersantai dan berlibur, sekedar untuk menikmati lembayung senja atau rintik hujan yang turun di jendela. Nikmatilah hidup. Selama waktu masih ada tak perlu ragu untuk memanfaatkannya dengan baik. Menikmati setiap suasana yang kita punya. Karena esok atau lusa mungkin kita tak memiliki kesempatan itu lagi.

picture time

Demikianlah tips-tips ala saya dalam mengatur waktu, semoga bermanfaat. Nikmati waktu yang masih ada dan hargailah waktu yang tersisa. Seimbangkan Prioritas, Atur Waktu dan Nikmati Harimu. Ganbatte :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 comments:

Rani Novariany said...

nice artikel ka, bisaaa di coba niih ^^

Titis Ayuningsih said...

Terima kasih sudah berbagi ya :). Saya akan mencobanya ^^

HP Yitno said...

Karena waktu sangat berharga, saya selalu menikmatinya.

Unknown said...

makasih ranii :D
silahkan dicobaa, semoga manjur yah ;)

Unknown said...

samaa-sama kaka :D

selamat mencobaa, :)

Unknown said...

siip, sippp, selamat menikmati waktu :)

Post a Comment