RSS

Tips Tampil Percaya Diri



Rasa percaya diri atau lebih ngetrennya PD adalah salah satu sikap yang harus kita miliki. Terkadang seringkali mereka, kamu, dia dan termasuk saya sendiri merasa gugup atau krisis percaya diri yang menyebabkan menjadi takut juga malu saat tampil di depan khalayak. Entah itu ketika presentasi, berpidato, wawancara atau bahkan malu untuk bergaul dan bertemu dengan orang lain. Secara tidak langsung PD sangat penting, karena merupakan langkah awal agar kita berani tampil di depan publik.

Mari kita bangun rasa percaya diri dengan beberapa tips dibawah ini :

1.      Tersenyum

Tersenyum bukan hanya sekedar menunjukkan expresi wajah lo, namun lebih dari itu. Bukan hanya akan tersenyum ketika merasa senang, gembira atau percaya diri, tetapi tersenyumlah agar diri kita menjadi lebih baik. Senyum mampu meningkatkan sirkulasi darah di wajah kita, sehingga akan menjadi nyaman terhadap diri sendiri, dan tentunya akan membangkitkan rasa percaya diri kita. Berdiri tegak dan tersenyumlah. J

2.      Kenali diri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kenalilah diri. Hargailah diri sendiri dan juga orang lain.

3.      Berfikir Positif

Jangan beranggapan bahwa diri sendiri tidak mampu, bodoh, tidak bisa dan lain-lain. Berfikir positif dan berprasangka baiklah terhadap diri bahwa kita mampu dan bisa. Kita lebih dari yang kita fikirkan selama ini, asal mau mencoba dan yakin terhadap diri sendiri. “Masa iya, sama kemampuan orang lain aja yakin kok, tapi terhadap kemampuan diri sendiri tidak? Lah gimana itu ceritanya, hehe

4.      Jaga penampilan

Penampilan adalah salah satu fakta yang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Bagaimanapun penampilan sangat besar pengaruhnya dalam hal apapun. Karena pertama kali yang orang lain nilai dari diri kita adalah penampilan.Tak perlu berpenampilan yang wah ataupun mewah, cukup Pastikan diri tampil dengan rapi, dan bersih.

5.      Berpartisipasi

Apakah kamu pernah duduk seharian didalam kelas tanpa sepatah katapun? Atau diam disepanjang rapat? Atau pergi bersama teman-teman yang asik berbincang dengan gembira, namun kamu hanya duduk, diam tak bersuara? Jawabannya kemungkinan besar saat itu kamu tidak percaya diri atau sedang badmood. Bagaimanapun keadaannya berusahalah untuk berpartisipasi. Mulailah untuk  bicara setidaknya hal tersebut akan membangun rasa percaya diri secara perlahan.

6.      Tatap mata lawan bicara

Kontak mata akan membantu menghilangkan rasa takut dan menarik minat lawan bicara. Sama halnya dengan tersenyum, Kontak mata menunjukkan bahwa kita percaya diri.

7.      Lingkungan

Carilah lingkungan yang dapat membantu rasa percaya diri berkembang. Selain itu perbanyak membaca buku-buku motivasi dan bergaullah dengan orang-orang yang positif.



The Last. “Jangan takut dan sikapilah kegagalan dengan bijaksana karena tidak menjadi masalah seberapa sering kamu gagal yang terpenting adalah seberapa banyak kamu mencoba dan seberapa sering kamu bangkit dari kegagalan.”

Dengan rasa percaya diri maka kita akan merasa tenang menghadapi apapun dan dalam kondisi yang bagaimanapun. Sehingga kita akan mampu menguasai berbagai hal dengan mudah. Selain itu kita juga menjadi berani dalam bergaul, tampil, juga mampu menyelesaikan masalah dan memahami potensi atau kemampuan yang kita miliki. Nah, sekarang sudah siap tampil percaya diri kan?.”







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

11 comments:

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

Yang paling susah itu nomor 6...
Rasanya pertama kali udah percaya diri aja, bisa gagap luar biasa waktu menatap mata lawan bicara apa lagi lawan bicaranya adalah idaman hati yang mau ditembak hehehehe...

Unknown said...

hehee, pasti bisa kok, yang penting belajar. bisa karena biasa :)

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

Bisa karena biasa?
Jadi harus sering-sering nembak cewek gitu? :D

Unknown said...

hahahaaa, kayaknya kalo masalah cewek mah udah lain ceritanyaaa :P

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

Hahahaha itu kelemahanku, menatap mata. Padahal itu hal yang paling penting untuk mendapatkan kepercayaan lawan bicara kita kan?
Boleh minta follback gak mbak? :D

Unknown said...

iya bener, hehee. :)
boleh-boleh, ntar saya folback,
apa nama blognya, saya mau main :D

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...
This comment has been removed by the author.
Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

Ada tips ngga ya buat ngelawan kelemahan yang satu ini?
kerikilberlumut[dot]blogspot[dot]com

Unknown said...

cara melawannya ya memberanikan diri untuk menatapnya :P

oke, saya meluncur ke TKP segera :D

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

@_@ ahahah jawabannya masih tetep seputar memberanikan dan membiasakan diri hahaha...
kalo ada post tentang itu asik tu... ditunggu loh :D

Unknown said...

harus coba dong, kalo gak berani mencoba untuk memberanikan diri, trus kapan????? :P

iya deh, ntar ngepost ttg itu :D ditunggu ya :P

Post a Comment