RSS

Tips Menjadi Kreatif



Menjadi kreatif adalah keinginan dari setiap orang. Namun banyak kemampuan berfikir manusia terbatas. Mengapa? Karena tidak dilatih untuk menggunakannya.  Nah, pada kesempatan kali ini, setelah sekian lama tidak menulis dikarenakan kesibukan yang padat *sok sibuk :D saya akan berbagi tips menjadi kreatif. Tips-tips ini saya dapatkan pada saat pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah pada beberapa waktu yang lalu.

1.      Yakinlah bahwa kamu kreatif

Tanamkan kepercayaan bahwa kamu kreatif. Kamu bisa. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal kamu mau mencoba dan tidak pantang menyerah. Kenal sama Thomas Alfa Edison?. Jika tidak maka saya akan mengenalkannya :D. Ia adalah penemu lampu. Terbayang tidak, bagaimana jika kita hidup tanpa lampu dimalam hari?. Pak dhe Thomas Alfa Edison telah ratusan kali gagal, bahkan hampir ribuan. Namun ia malah berkata “saya tidak pernah gagal, saya hanya tidak pernah berhenti mencoba.”. Dari kejadian ini kita bisa menarik kesimpulan, secara tidak langsung kekuatan fikiran memiliki efek yang sangat luar biasa.

2.      Ekspresikan kreatifitas dalam pekerjaan dan kehidupan

Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu saya mengikuti kegiatan KBS (Kemah Bakti Sosial). Teman saya menjemur baju dengan membuat hanger dari ranting-ranting pohon. Menurut saya itu adalah kreatif, karena tidak semua orang memiliki pemikiran seperti itu. mungkin kebanyakan orang termasuk saya sendiri hanya berfikir untuk menjemur baju kita hanya membutuhkan sebuah tali.

3.      Munculkan jiwa kekanak-kanakan

Mengapa harus jiwa anak-anak?. Karena rasa ingin tahu seorang anak sangatlah besar. Untuk menjadi kretif maka kamu harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Contoh figur terkenal yang memiliki sifat ini adalah Sir Issac Newton. Ia menemukan hukum gravitasi karena keingintahuannya mengetahui mengapa apel jatuh dari pohon.

4.      Hilangkan fikiran logis

Apapun bisa saja terjadi. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, tidak ada yang tidak mungkin. Berfikir secara melompat. Jika diibaratkan sebuah benda, maka kamu adalah anak panah, sedangkan guru atau orang tua adalah busur. Mereka adalah fasilitator.

5.      Lakukan sesuatu yang tidak biasa

Jika ingin menjadi orang yang luar biasa maka lakukanlah hal yang tidak biasa. Jadilah trend server. Bukan sebagai follower. Jika kamu hanya melakukan hal yang biasa maka kemampuan kamu pun akan terbatas. Jadi, jika ingin kreatif kamu harus memberanikan diri melakukan hal-hal yang sebelumnya jarang kamu lakukan.

6.      Charge pikiran

Tidak hanya baterei handphone yang perlu di cas, tapi pikiran juga membutuhkannya. Banyak-banyaklah berbaur dengan orang lain. Dengan begitu maka kamu akan memperoleh pengetahuan baru, dan teman-teman baru. Rajin-rajinlah mengikuti seminar atau kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan jangan lupa untuk istirahat agar dapat berfikir kembali dengan jernih.

7.      Banyak membaca

Membaca akan memperkaya kosa kata dan memperluas pengetahuan. Contohnya membaca buku-buku non fiksi, koran, majalah, atau membaca status facebook yang bermanfaat. Dengan memiliki wawasan yang luas maka kamu akan menjadi lebih kreatif dalam menghadapi permasalahan.

8.      Miliki kegiatan rutin jika fikiran sedang buntu

Saat jenuh melanda, milikilah kegiatan rutin. Misalnya berolahraga, bernyanyi atau berlibur bersama teman-teman dan keluarga tersayang.

9.      Tuliskan segera ide yang muncul
Biasakan membawa note dan pena kemanapun kamu pergi karena hal tersebut akan membantu melatih kreatifitas. Tuliskanlah segera ide-ide yang muncul. Karena tulisan merupakan obat lupa.

10.  Percaya bahwa kamu bisa melakukannya

Sebenarnya kamu lebih hebat dari apa yang kamu kira. Hanya saja kamu tidak menyadari hal tersebut. Jika orang lain bisa, maka kamupun pasti bisa melakukannya. Tanamkan kepercayaan bahwa setiap masalah bisa terselesaikan dengan baik. Dengan begitu maka kamu akan berfikiran positif dan tidak gampang menyerah. Mungkin saat ini ide kamu dianggap remeh oleh orang lain. Namun jika kamu yakin maka buktikan bahwa kamu bisa melakukannya.

Demikian tips-tips menjadi kreatif. Semoga bermanfaat. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

12 comments:

Indra Kusuma Sejati said...

Kalau begitu harus di pancing nih. terimkasih Mba tipsnya.

Salam,

Unknown said...

iya, mancingnya kasih umpan yang banyak yah :P

BlogS Of Hariyanto said...

harus bernai meyakinkan diri ini bahwa memang diri ini kreatif....ide yang sungguh luarbiasa...semua berawal dari keyakinan yang kuat....luarbiasa,
btw-aku lagi buat GA, dicari 32 orang blogger untuk jadi pemenang buat dapatkan gift unik dari Makassar, Tana Toraja dan Martapura Kalimantan Selatan.....salam :-)

Unknown said...

iya, makasih mas :)
alamat GA nya apa? pengen ikut berpartisipasi nih :D

Arman Zega said...

wah. super sekali mbak novita.
hehehe. untuk menjadi yang terbaik, anda harus menjadi terbalik. berani melawan arus.
keren nih

boleh minta follback blog ku mbak?

Unknown said...

terima kasih mas zegaime :)

boleh-boleh, apa nama blognya? saya mau main :D

OM DEGE said...

makasih nih tipsnya :)

semoga bermanfaat untuk diriku dan menjadi lebih berkreatif lagi :)

Zefy Arlinda said...

wah vita, semoga kita sama2 orang yang kreatif ya vit :)

Senyum syukur said...

makasih atas tipsnya..

Unknown said...

iya, sama-sama :)

Unknown said...

iya mbak zefy :)

Unknown said...

iya, sama-sama mas senyum syukur :)

Post a Comment