RSS

Tips Move On



Putus cinta adalah permasalahan yang rumit. Banyak yang bilang putus cinta itu rasanya nyesek banget. Sebernarnya sih putus cinta itu gak apa-apa, yang bermasalah adalah udah putus tapi masih cinta. Ya gak?. Karena itulah saat putus cinta, galaupun melanda. Nah, pada kesempatan kali ini saya pengen sharing tentang tips move on setelah putus cinta, supaya yang lagi galau gak perlu sampe masuk rumah sakit gara-gara putus cinta. Hehe.

1.      Kamu gak bakal mati gara-gara putus cinta

Galau gara-gara putus sih wajar, tapi kalo terus-terusan itu bahaya. Gak apa-apa jika menangis. Karena hati manusia tidak terbuat dari baja. Memang gak semudah itu melupakan apa yang barusan aja terjadi. Namun, tunjukkan pada dunia kalau kamu malah jadi lebih baik dan gak ngelakuin hal aneh-aneh. Jodoh itu udah ada yang ngatur kok. Bakal dateng disaat yang tepat dan sama orang yang tepat. Jadi, kalo dia pergi ninggalin kamu, berarti dia bukan yang terbaik buat kamu, atau mungkin kamu yang terlalu baik buat dia. Kamu boleh jadi protes dan sedih atas apa yang telah terjadi. Tapi siapa yang tau kalau ini ternyata adalah skenario Tuhan yang terbaik buat kamu. So, be positif thingking!.

2.      Kamu pengen apa?

Tanyakan pada diri, apa yang kamu inginkan 5 tahun mendatang?. Berfikir untuk masa yang akan datang akan membuat fikiranmu menjadi terbuka dan melupakan rasa sedih. Carilah sumber kebahagiaanmu.

3.      Jangan melakukan hal aneh

Banyak orang yang melakukan hal extrims buat ngatasin rasa sakit gara-gara putus cinta. Bahkan ada yang nekat bunuh diri. Nah, kamu gak perlu ngelakuin hal aneh-aneh kayak gitu. Pertanyaannya, apa masalah kamu kelar dengan ngelakuin yang begituan? Enggak kan. So, jagalah keseimbangan ekosistem hati, gak usah pake acara dendam-dendaman, gak ada untungnya. Hidup memang penuh warna, nikmatin setiap suasana. “hanya dengan mengingat sang Pencipta hati menjadi tenang.”

4.      Yang berlalu biarlah berlalu
Hidup ini kayak roda, kadang diatas kadang dibawah. Gak selamanya kamu sedih, dan gak selamanya juga kamu bakal bahagia. Seiring berjalannya waktu, apapun itu pasti berlalu kok. Toh hidup ini Cuma bukan masalah cinta kan? Masih banyak hal lainnya yang perlu kita fikirkan. Tugas kuliah misalnya. Sebenarnya tanpa kita sadari masalah hati inilah yang banyak menyita waktu kita dan sumbernya dosa.

5.      Bersyukur

Bahagia itu akan terasa ketika kita bersyukur. Banyak-banyak bersyukur, maka kita akan merasa bahagia. Betul?. Apapun itu syukuri. Gak usah nge_galauin apa yang udah pergi, mendingan kita syukuri apa yang masih kita miliki. Berfikir positif aja, paling enggak sekarang gak ada yang rempong minta laporan setiap saat. “Kamu lagi dimana, sama siapa, sedang berbuat apa.” Loh, kok malah jadi kayak lagu :D. So, ubah paradigma berfikir dan bersyukurlah.

Tuhan terlalu penyayang untuk gak sayang sama orang se_unyu kamu.”

6.      Mengalihkan perhatian

Alihkan perhatian dengan hal-hal yang kamu sukai. Sibukkan diri dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat. Dengan sibuk, otomatis kamu akan fokus ke hal-hal yang berguna, teman baru dan pengalaman yang baru. Semakin kamu sibuk, semakin mudah untuk melupakan masalah. Yang terbaik adalah sibuklah untuk memperbaiki kualitas diri.

Intinya, jadikan putus cinta adalah pijakan untuk lebih mendewasa. Ambil sisi positifnya. Lihat diri kamu yang sekarang. Dulu bayi dan sekarang udah dewasa. Seharusnya semakin dewasa nambah adem, tambah asik dan gak ribet memikirkan sesuatu, apalagi masalah putus cinta. Kenapa? Karena kita bukan bayi lagi yang Cuma bisa nangis. Kita memiliki tanggung jawab yang besar terhadap diri kita sendiri, orang tua dan Tuhan.

Dewasa adalah orang yang mampu berdamai dengan dirinya sendiri dan mampu menikmati setiap masalahnya. Beginilah realitanya hidup. Penuh dengan masalah. Jangankan hidup, bahkan mati pun masalah. Intinya, diri kita sendirilah yang mampu atau tidak menghadapi masalah tersebut. Ketika kamu kehilangan siapapun orang yang kamu sayang, ingatlah bahwa Tuhan selalu ada untukmu, dan begitu banyak orang yang bahkan sampai saat ini begitu mencintaimu.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

11 comments:

Jiah Al Jafara said...

wah, tips bagusss
lha aq gagal move on gara2 cerbung ==

Unknown said...

makasih mbak :D
cerbung apa an mbak? cerita bersambeng ye? :D

Unknown said...

yups.. bener banget mba. mati satu tumbuh seribu, gagal 1 cinta bakal tumbuh seribu cinta lagi :D
putus cinta bukanlah akhir dari segalanya dan hidup itu harus berlanjut meski tidak bersama dia karena kehidupan tidak berhenti sampai disini saja.

Unknown said...

siip, :D
saya setuju sama pendapat mas :)

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

1 masukan boleh?
Jangan cuma move on, tapi harus ditambah grow up hahah :D

Unknown said...

boleh boleh, masukan yang bagus :)
makasih ya mas insinyur pikun :D

Aditiya Zamrud Anggar Kasih said...

sama-sama... soalnya aku pernah nulis hal yang sama... duluuu banget. Tapi temanya aja yang sama, judul sama isinya sih nggak heheheh
kerikilberlumut[dot]blogspot[dot]com/2012/04/move-on.html

Unknown said...

sip sipp ssipp :)

Senyum syukur said...

Cintailah secara sederhana, agar putus tak merana.. hehe

Salam kenal

Unknown said...

hehee,, iyaa iya :D

salam kenal kembali :)

Anonymous said...

http://robofics.wordpress.com/2014/11/26/jangan-cuma-move-on-tapi-move-up/

move up :3

Post a Comment