RSS

Rindu Sepenggal Memori

gambar dari sini

Malam itu tiba-tiba handpone aku berdering. Ringtone khas Nokia pun terdengar makin lama semakin keras. Ku melirik ke arah handpone. Ternyata nomor baru. Rasanya paling males mengangkat telepon dengan nomor baru. Kebanyakan sih orang-orang iseng dan gak jelas yang sibuk ngajakin kenalan dan pura-pura nomornya nyasar. Tapi kali ini siapa tau ada hal penting yang ingin disampaikan oleh penelpon tersebut. Dengan setengah hati, aku lalu mengangkat handpone dan mulai berbicara.


“Halo, assalamualaikum”.
“Waalaikumsalam”, dari ujung sana terdengar suara seseorang yang begitu lembut.
“Ini siapa ya?”
“Masa lupa mbak sama aku”.
“Ini siapa ya? serius, aku beneran gak inget”

“Kita lo dulu sering kalo lebaran cuma berdua, keliling-keliling sampe mana-mana jalan kaki”.
“Hah..? aku beneran lupa nih”.
“Ya ampun mbak, ini aku Sri. tetanggamu dulu, inget gak 7 tahun yang lalu?”
“Oalah, kamu toh”.

Pikiranku melayang jauh. Sakit kepala yang kurasakan sejak tadi sejenak terlupakan oleh kejadian beberapa tahun lalu. Kejadian masa kecil yang menggelikan dan membuatku menjadi tersenyum-senyum mengingatnya.

Waktu kecil mulai dari SD sampe SMP aku tinggalnya sama nenek. Cuman aku aja sama nenek. Berdua. Sebenarnya aku tinggal berduanya semenjak kelas 4 SD. Ayah, mamah dan adikku pindah rumah ke tempat yang lebih rame. Di pinggir jalan lintas Bengkulu-Padang. Sedangkan aku, menemani nenekku. Kalo kakek sih udah lama meninggal. Aku aja belum pernah liat kakek. Lah iya, wong meninggalnya waktu ayah masih kelas dua SD.

Aku dan nenek tinggal di sebuah desa transmigrasi. Jaman itu disana gak ada listrik. Jalanan aja belum di aspal, masih koral dan berdebu. Waktu itu yang punya tv juga masih jarang. Tv nya masih hitam putih. Trus pake antena yang tiangnya pake bambu dan tinggi banget. Kalo gak kayak gitu gambarnya gak jelas, banyak banget semutnya. Yang ditonton juga baru tvri. Kalo pengen nonton ya pergi tempat tetangga. Numpang nonton. :D
Tiap ada acara pesta pernikahan ataupun khitanan biasanya yang punya hajatan ngadain hiburan. Hiburannya layar tancap. Waktu itu aku sering nonton. Dulu gak ada motor. Apalagi mobil. Lah iya? Kalopun ada biasanya orang-orang  yang udah kaya banget yang punya. Kemana-mana ya jalan kaki. Kalo gak tu  naik sepeda. Padahal tempatnya jauh banget. Tapi perginya rame-rame, satu RT. Sama kayak pas bulan ramadhan. Pergi ke masjidnya rombongan. Jadinya gak berasa capek. 

Masyarakat disana mayoritasnya petani dan beternak. Pagi-pagi biasanya masyarakat pergi ke kebun. kemudian disore hari mereka pulang sambil membawa rumput untuk makanan sapi atau kambing. Sedangkan aku asik dengan kesibukanku sendiri. menghabiskan waktu bermain, membaca buku Petruk, Bobo, Ino, dongeng atau sekedar mengamati tetangga yang lewat sambil bermalas-malasan diatas ayunan, di pohon jambu depan rumah. Kalo pas musim buah-buahan biasanya tiap pulang dari sekolah. Aku nangkring di atas pohon rambutan sebelah rumah, atau di atas pohon jambu bol di belakang rumah. Pas ada yang nyari, cari aja di atas pohon. Aku pasti ada di sana. :D

“Inget gak, dulu kita pernah ngambil jambu trus dikejar sama babi. Kalo gak dikejar babi ya kita saling ngerjain sama temen-temen yang lain. Nyumput. Kemudian bersuara mirip babi. Trus kalo temen-temen kita ketakutan, kita ketawa ngakak rame-rame”
“Kita juga dulu suka renang di sawah. Kalo udah keruh airnya kita ngelanjutkan nangkapin ikan. Ngubek-ngubek sawah sampe ikannya pada mabuk. Trus bapak kamu dateng, Marah-marah sambil bawa pecut, nyuruh kamu pulang”.
“Eh, aku dulu juga pernah kamu kunci di rumah kamu kan? Aku gak kamu bolehin pulang ngaji,dulu kan aku ngajinya di rumah kamu.trus kamunya pake acara nangis lagi. Kamu dulu cengeng banget sih”.
“Dulu pas bulan puasa kita juga taraweh bareng. Main petasan, kembang api juga main engklek dibawah cahaya rembulan. Kita juga suka main lompat tali hujan-hujanan, kalo belum kena marah sama Ibu ya belum berhenti”.
“Trus dulu juga aku sering nakut-nakutin kamu. Aku bilang ibu kamu gak ada. Lagi pergi dan kamunya ditinggal. Kalo udah dibilang gitu pasti kamu langsung nangis sambil cariin ibu kamu kan? Padahal waktu itu aku sama temen-temen Cuma bohong. Hehe

Aku nyerocos dengan begitu semangat, membuka lembaran kenangan masa kecil dulu. Lembar kenangan yang telah tersusun dengan begitu rapi. tersimpan dan terhindar dari debu-debu nakal. Lembar kenangan yang memiliki arti tersendiri untukku. Masa dimana yang tidak pernah terulang.

Kami pun terbahak-bahak mengingat cerita masa kecil kami. cerita tentang kenakalan kami dulu. Ah, ternyata gak terasa waktu begitu cepat berlalu. Rasanya baru kemaren aku naik ayun-ayunan. Bermain engklek, bermain congklak, bermain masak-masakan, bermain boneka, bermain hujan-hujanan dan bermain petualangan menjelajah dari kebun satu ke kebun lainnya. Sekarang berasa jadi udah gede banget. Tapi kadang-kadang masih juga ngerasa kayak anak kecil. padahal umur udah 19 tahun.

“Eh, apa kabar temen-temen yang lain?” Tanyaku.
“Kurang tau juga mbak, sekarang pada mencar. Ada dimana-mana. Yang udah nikah juga banyak”
“Emang siapa aja?”
“Itu lo mbak, yang siapa itu yang saudaraan bertiga, perempuan semua. Sekarang udah pada gendong anak”.
“Ah masa iya sih? Itu kan jauh lebih kecil dari kita?”
“Lah iya mbak, emang. Disana kecil-kecil udah pada nikah semuanya”.
“Ckckckkk. Udah banyak yang berubah ya disana?”
“Iya, mbak, skarang udah rame. Aku juga jadi banyak yang gak kenal sama orang-orang sana. Jarang pulang sih.”
“Mbak udah lama banget gak main disana, dah ada sekitaran 7 tahunan lebih. Wajar kalo banyak yang berubah”.

Saking asiknya mengobrol, tak terasa malam pun semakin larut. kami pun memutuskan untuk melanjutkan pembicaraan di lain waktu. Aku masih terhanyut dalam bayangan dulu. Bayangan masa kecil yang indah, sepenggal memori yang tidak akan pernah terlupakan. Masa kecilku, aku rindu.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

12 comments:

Anonymous said...

kenangan masa kecil emang membekas banget,
apalagi pas maen sama temen2 seru banget pastinya, bebas tanpa beban.. hehe
Semoga masih bisa akrab sama temen2 semasa kecil yah :)

Makasih udah GA nya.. :)

Zaitun Hakimiah NS said...

cerita masa kecil emang nggak akan pernah bosen tuk diceritakan..

Makasih udah share ceritanya..
OK. Tercatat sebagai peserta^^

Unknown said...

iyaaa,, masa kecil itu bener-bener indah, gak ada beban. tau nya cuma main terus, rasanya pengen balik ke masa kecil.. :D

Unknown said...

iya mbak, makasih udah di berikan kesempatan untuk berpartisipasi.. :)

Feyaa Ce said...

Masa kecil itu harta yang tak pernah dihabis walau dibagi dengan siapapun. :)

Unknown said...

iyaa mbak veraa :)

cinta sang pelangi said...

indahnya kalau inhat masa kecil,,jadi kangen teman2 masa kecil,huhuhu..,

Unknown said...

heheee,, iya mbak yulita, masa kecil tu emg indah banget, jadi pengen balik kemasa kecil lagi rasanya :D

Aulawi Ahmad said...

7 tahun bukan masa yg singkat dan ada byk kenangan yg tak terlupakan bersama sahabat atau teman yaa :D

Unknown said...

iya, bener banget :)

Unknown said...

itu masa kecil kita,, pengen rasanya ngulang lagi,,
sekarang udah bnyak yang berubah, terharu rasanya
kapan kita bisa ngumpul kayak dulu lagi,

Unknown said...

iya mbak, terima kasih sudah mampir,

salam dari blogger bengkulu :D

Post a Comment