RSS

Kok Bolos?



Berbicara tentang Bolos, sebenarnya Apa sih yang kamu dapetin dari bolos? Adakah hal-hal bermanfaat yang kamu dapetin dari membolos? Hmm,, menurut aku sendiri membolos itu gak ada manfaatnya.  Yang ada kamu tidak memperoleh keuntungan apa-apa dengan membolos.  Justru sebaliknya kamu bakal mengalami kerugian. Karena kamu kehilangan hal yang bermanfaat. 


Kamu juga pasti merasa bersalah karena tidak menjaga amanah orang tua. Jauh-jauh dari kampung menuju ke kota untuk mendapat ilmu. Sesampainya disana kamu malah berleha-leha dan bersantai ria. Bermalas-malasan, jarang masuk sekolah atau kuliah, jarang mengerjakan tugas, hanya menghabiskan waktu dengan bermain. Lalu apa yang kamu dapatkan dari hal itu? yang kamu dapatkan hanya kesenangan sesaat. Semu, alias tidak nyata sama sekali. lalu sampai berapa lama kamu akan terus seperti itu, terus bertahan dizona nyaman kamu. Mau jadi apa nanti? Mau jadi orang yang terus mengharapkan sesuatu dari orang tua? Apa iya orang tua kita akan terus selamanya ada bersama kita?.

Oke. Aku pengen meluruskan hal. Rubahlah kebiasaan membolos ini. Karena hal tersebut tidak baik dan tidak menguntungkan. Untuk apa melakukan sesuatu yang tidak menguntungkan untuk kita. Rugi donk. Rugi waktu, rugi tenaga, juga rugi pikiran. Terutama untuk diri kita sendiri. Toh, kita kan yang rugi. Bukan orang lain loh. Kebayang gak saat orang lain tersenyum gembira karena kesuksesannya, tapi kita hanya bengong menyaksikannya. Walah-walah, sungguh sangat miris sekali bukan? Waktu terima raport atau muncul nilai diportal mereka semua tersenyum lebar sambil menunjukkan ke orang tua nilai-nilai yang tertata dengan rapi. Orang tua pun tersenyum bangga menyaksikannya. Berbeda dengan yang biasa membolos. Pas penerimaan raport mukanya kecut. Soalnya diraport atau diportal angka merah berjejer membentuk barisan atau bulan sabit yang berjejer. Hayo kalo udah kayak gitu gimana? Masih mau bolos jugakah?


Sebelumnya jangan salah paham dulu. Disini aku bukannya mau menggurui atau apa. Aku Cuma pengen ngasih tau  kalo  membolos itu gak baik. Toh gak ada salahnya kan kalo kita  saling mengingatkan. Dalam hal ini sebenarnya aku juga sedang menasehati diri aku sendiri kok. Iya, diri aku sendiri. Aku  juga manusia. Pernah sekolah.  SD, SMP, SMA dan sekarang kuliah. Yang gak pernah itu TK. Soalnya aku  dulu gak pake TK sekolahnya. Dan aku juga pernah bolos. Tapi gak sering-sering amat sih. Sekarang aku sadar bahwa membolos itu gak ada untungnya. Jadi aku pengen agan-agan jangan pada membolos yee. Sekolah yang rajin. Belajar yang bener. Biar pada pinter dan jadi anak yang bisa dibanggain sama orang tua. Oke.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment