RSS

Dompetnya Kurusan?



Berbicara soal pengalaman nih ya? hmm, sebenarnya  aku  belum begitu berpengalaman dalam dunia belanja. Terutama belanja online. Tapi aku emang suka banget sih sama yang namanya belanja. Apalagi kalo liat barang-barang yang bagus. Jadi ngiler dibuatnya. Tapi kendalanya ya itu, uangnya suka gak ada. Gelarnya aja mahasiswa. Tapi mahasiswa kere. Alasannya karena masih ngekost dan belum bisa cari uang sendiri. Uang masih minta sama orang tua. Kan makmurnya anak kost itu cuma seminggu diawal bulan. Sesudah itu ya keteteran. Pinjem sana sini buat makan. Trus temen sejati diakhir bulan cuma mi instan. Kalo pun ada uang biasanya recehan.

Makin hari umur makin bertambah. Jadi makin tua. Jadi malu dong kalo terus-terusan minta uang sama orang tua. Kalo pengen sesuatu ya nabung dulu, sampe uangnya cukup. Baru deh setelah itu gowes pilih barang yang disukai. Kalo gak gitu ya udah, bisanya Cuma ngiler sambil mandangin barang yang disuka. Sambil berdo’a, semoga besok ATM jadi gendut dan barangnya gak keduluan dibeli sama orang.
Ngomong-ngomong soal belanja nih, sebenarnya belanja online itu lebih hemat dibandingkan harus berbelanja di toko. Belanja online, kita bisa hemat waktu dan tenaga. Kita gak harus capek muter-muter  buat cari barang yang kita suka. Kita tinggal ambil leptop, trus dihidupin. Selanjutnya colokin modem atau cari hotspot gratis. Trus online deh. Pelototin mata buat menjelajah internet, trus searching di situs-situs buat belanja online. Kalo ada yang suka ya tinggal pesan. Transferin uangnya. Tunggu beberapa hari, barang sampai deh.
Tapi ya itu, kalo belanja online biasanya barangnya gak sesuai sama yang asli. Kayak pengalaman aku. Aku beli baju online. Di foto baju nya keliatan gede,gombrong-gombrong  gitu. Kan aku suka nih sama yang gombrong-gombrong. Trus bajunya juga cantik, warnanya juga aku suka. Tapi waktu barangnya sampai, bajunya gak sesuai kayak di foto. Ukurannya kecil. Apa badan aku yang kegedean ya?. Ah, enggak kok. Lah wong aku cungkring begini. Gimana bisa coba?
Belanja online juga kadang-kadang kerap terjadi penipuan. Seperti pengalaman temen aku. Waktu uangnya udah ditransfer, eh malah barangnya gak nyampe-nyampe. Jadi ada ketakutan tersendiri buat para customer untuk berbelanja online. Tapi gak sepenuhnya setiap belanja online seperti itu kok. Menurut aku sih tergantung sama penjualnya juga. Barang-barang yang dijual online juga banyak kok yang bagus-bagus dan berkualitas. Harganya juga biasanya lebih murah. Customer juga banyak yang merasa puas dengan belanja online.
Pengalaman aku sebelumnya ngebuat aku jadi ogah berbelanja online. Aku udah trauma. Tapi gara-gara liat temen kosan aku belanja online, barangnya juga berkualitas dan sesuai sama yang di foto. Aku pun jadi mulai berbelanja online lagi. Biasanya sih yang aku beli online itu baju. Terkadang aku puas sama barangnya karena sesuai kayak di foto. Tapi kadang-kadang juga gak puas. Namanya juga manusia, susah merasa puasnya.    
Lain ceritanya jika belanja di toko langsung. Kita bisa pilih-pilih barang yang kita suka. Barangnya juga nyata. Maksudnya bisa diliat, diraba, diterawang secara langsung. Udah kayak mendeteksi uang palsu aja ya?. Namun tetep ada kekurangannya. Jika belanja di toko langsung biasanya membutuhkan waktu yang lama , cukup menguras tenaga dan susah buat batesin belanjanya. Apa aja yang keliatan bagus langsung diborong. Akibatnya dompet yang awalnya gendut waktu dibawa, pas pulang jadi kurusan.
The last, belanja online dan belanja langsung memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal kitanya yang kudu pinter-pinter mengkondisikan waktu dan keuangan, juga memilah-milah tempat ataupun situs yang ingin kita jelajahi. Telusuri situs nya terlebih dahulu, bisa dipercaya atau tidak,   jangan sampai tertipu. 

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment