RSS

Si Kecil Calon Pemimpin Besar



Impian saya salah satunya adalah menikah dan menjadi seorang Ibu.

Tanpa terasa waktu begitu cepat beranjak pergi. Sekarang saya telah berada disemester lima. Mau tidak mau saya harus dewasa dan meningkatkan kualitas diri. Agar kelak saat memiliki anak, saya bisa mendidiknya dengan baik dan berkualitas pula.

Peranan Ibu bagi si kecil sangatlah besar. Terutama untuk mengenal dirinya sendiri, dan lingkungan sekitar. Untuk menjadikan Si Kecil seorang pemimpin bangsa bukanlah perkara mudah, tapi juga bukan hal yang sulit. Saya telah merencanakan dan mempersiapkan beberapa hal yang harus dilakukan  agar anak saya menjadi calon pemimpin di kemudian hari.
gambar ibu dan anak

Saat masih balita. Yang harus dilakukan pertama kali adalah mengajarkan nya hal-hal yang baik dan positif sejak dini. Dimulai dari hal-hal kecil. Mulai dari segi mengajarkannya berbicara, bertindak, dan mengajarkannya pola berfikir yang baik. Misalnya mengajarkan Si Kecil untuk menebar kebaikan berbagi dengan temannya. Anak kecil memiliki kecenderungan meniru. 

Yang kedua Pupuk rasa percaya diri dan semangat Si Kecil  dengan mengajarkannya banyak keterampilan. Misalnya bernyanyi. Turut sertakan si kecil dalam event-event yang mampu memupuk rasa percaya diri. Agar ketika dewasa ia bisa tampil menjadi pemimpin yang berani.

Tanamkan karakter-karakter yang baik untuk Si Kecil. Ajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab, disiplin, jujur, mandiri dan karakter-karakter baik lainnya. Hal ini dimulai dari dirinya sendiri. karena untuk menjadi seorang pemimpin yang besar, ia terlebih dahulu harus mampu memimpin dirinya dengan baik. 

Mengajarkan ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Keduanya ini sangat penting untuk kehidupan Si Kecil kedepannya kelak. Antara ilmu pengetahuan dan agama harus seimbang. Karena jika timpang, maka akan menciptakan karakter yang tidak baik. Seperti munculnya sifat sombong.

gambar anak pintar
Atur pola makan Si Kecil dengan memberinya asupan gizi yang sehat dan seimbang.  Makanan yang masuk kedalam tubuh Si Kecil sangat berpengaruh terhadap diri dan pertumbuhannya. Selain itu ajaklah Si Kecil membiasakan diri untuk berolahraga dan istirahat yang cukup.

Saat beranjak remaja, Masukkan ia kesekolah yang berkarakter. Ketika memasuki bangku sekolah ia banyak menemukan hal-hal baru. Ia akan mendapatkan teman-teman dan lingkungan baru. Lingkungan yang baik akan membentuknya menjadi pribadi yang baik pula.

Memfasilitasi semua yang ia butuhkan dan perlukan. Maksudnya disini, jangan berikan apapun yang ia minta, kecuali hal tersebut memang diperlukan atau dibutuhkan untuk menunjangnya menjadi pribadi yang baik dan berkualitas. 

Tegur saat ia melakukan kesalahan. proses Si Kecil untuk menjadi remaja kemudian dewasa tidak akan lepas dari kesalahan. Tugas ibu adalah menegur dan memberitahukan kesalahannya. Agar ia bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Saat dewasa. sejak Si Kecil pelahan-lahan menjadi dewasa, ia telah banyak tertempa untuk menjadi pribadi yang baik. Maka  ia akan mampu memimpin dirinya dan memilah-milah apa yang terbaik untuk dirinya. Ia telah bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Peran ibu tinggalah membimbing dan mengawasinya dengan baik, agar ia tetap menjadi pribadi yang terus meningkatkan kualitas dirinya.

Pemimpin-pemimpin lama akan lengser dan digantikan oleh pemimpin-pemimpin baru. Seorang anak adalah aset dimasa depan sebagai penggantinya kelak. Jika seorang anak mampu memimpin dirinya, maka ia juga akan mampu memimpin bangsa dan mencapai prestasi yang gemilang.

Namun, tidak semua Ibu memiliki kesempatan untuk membesarkan buah hatinya dengan baik. Terkadang dalam hal mengatur pola makan kehidupannya sehari-hari saja tidak terkondisi dengan baik. Tidak semua orang beruntung dalam hidup. Bagi yang kurang beruntung, bisa makan saja sudah sangat bersyukur sekali. Nah, disinilah peran pemerintah dan semua pihak yang bersangkutan diharapkan untuk andil berpartisipasi menjadikan si kecil menjadi calon seorang pemimpin baru yang berkualitas nantinya. 


#LombaBlogNUB


#LombaBlogNUB

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment